Teknik Budidaya Tanaman Hias Cryptanthus


Tanaman ini berbentuk seperti bintang, yang daun-daunnya tumbuh mengarah kesamping atau horizontal. Nama Crptanthus berasal dari bahasa Yunani, krypto = tersembunyi dan anthos = bunga. Sesuai dengan namanya, tanaman ini berbunga kecil yang tersembunyi ditengah-tengah tumbuhnya daun yang berbentuk roset. Walaupun bunganya tidak menarik, namun penampilan warna daunnya sungguh cantik dan menawan.

Tanaman ini setelah berbunga atau bertunas sedikit demi sedikit induk tanaman akan mati. Tunas-tunasnya muncul dari samping induk tanaman dan ketika daun dari daun bawah ataupun daun yang terletak diatas. Tanaman ini tumbuh bagus didalam ruangan dan sangat menarik  bila ditanam dipot. Tanaman sangat indah ditaruh diatas meja, karena berukuran kecil dan hanya berketinggian 15-20 cm.

PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN

Kebutuhan Cahaya
Tanaman ini tumbuh bagus dan warna daunnya berpenampilan menawan jika mendapat cahaya yang cukup terang, dengan intensitas 500-700 f.c,. selama 12-14 jam. Namun, jenis tanaman ini masih dapat tumbuh dan bertahan hidup dibawah cahaya matahari yang intensitasnya lebih rendah.

Kebutuhan Suhu
Cryptanthus tumbuh baik bila mendapat suhu lingkungan pada siang hari 700F-750F dan suhu hari 600F-650F, kelembapan yang ideal 50%.

Media Tanaman
Media tanaman yang cocok untuk tanaman ini adalah campuran dari satu bagian tanah, satu bagian kompos ataau pupuk kandang, dan satu bagian pasir.




Pemupukan
Pemupukan dilakukan satu bulan sekali menggunakan pupuk cair melalui media tanam. Pemupukan dapat juga dilakukan melalui daun.

Pengepotan
Pengepotan kembali dilakukan pada awal musim hujan setelah tanaman memenuhi pot.

Varietas
Varietas cryptanthus yang sudah dikenal adalah: Cryptanthus bivittatus leuddemanii, Cryptanthus zonatus, Cryptanthus zebrinus, Cryptanthus zonatus zebrinus (tanaman Zebra), Cryptanthus bromeliodes tricolor.

Share this article :
 
 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger